Nutrisi dan Makanan Yang Dapat Mencegah Jerawat
jerawat (foto:webmd.com)
Banyak orang yang acuh akan kemunculan jerawat, padahal akan berbahaya jika tidak segera di obati. Biasanya jerawat muncul karena gangguan regenerasi sel-sel kulit atau keratinisasi. Juga pengaruh dari faktor lain seperti hormon, stres, pola tidur, makanan dan lingkungan.


Karena faktor makanan juga mempengaruhi timbulnya jerawat, ada juga beberapa makanan dan nutrisi yang bisa mencegahnya, seperti dilansir vemale.com berikut Nutrisi dan makanan yang dapat mencegah jerawat.

1. Vitamin A

Vitamin A dapat membantu dalam regenerasi sel kulit, sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat. Jenis makanan sumber vitamin A adalah minyak ikan, ikan salmon, wortel, bayam dan brokoli. Sebaiknya hindari penggunaan suplemen vitamin A, karena konsumsi vitamin A berlebih justru akan menjadi racun, terutama saat masa kehamilan dan menyusui.

2. Zinc

Kecukupan nutrisi Zinc dapat mencegah pertumbuhan P. acnes. Sehingga, jika seseorang berjerawat ia memiliki kadar mineral zinc yang rendah. Sumber Zinc dapat anda temui pada kalkun, almond, dan gandum.

3. Selenium

Selenium merupakan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Sumber selenium ada pada gandum, ikan tuna, salmon, bawang putih, telur, dan beras merah.

4. Vitamin C dan E

Vitamin C dan E dikenal sangat baik untuk kesehatan kulit. Sumber vitamin C alami terdapat pada jeruk, lemon, pepaya, dan tomat. Sedangkan sumber vitamin E, terdapat pada kentang, kacang-kacangan, minyak zaitun, biji bunga matahari, alpukat, brokoli, dan sayuran hijau.

5. Omega

Omega dapat berfungsi meredakan peradangan pada kulit yang berjerawat. Sumber omega dapat anda temui pada ikan salmon, ikan sardin, kenari, biji bunga matahari, dan kacang almond.

6. Susu

Dalam susu terdapat kandungan zat yang dapat meningkatkan kadar hormon androgen yang dapat meningkatkan produksi sebum (minyak alami pada kulit).

7. Air putih

Air putih dapat membantu metabolisme dan regenerasi kulit. Sehingga sebaiknya anda minum air 8 gelas atau lebih dalam sehari untuk mendapat kulit sehat.


Itulah nutrisi dan makanan yang dapat membantu anda dalam mencegah jerawat. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK