Agar bisa tahu apakah sapi Qurban itu baik, harus dikenali Ciri atau tanda sehat Hewan Qurban Sapi/domba tersebut.

Salah satu faktor yang penting dalam ibadah kurban  adalah memberikan kurban yang terbaik. Sapi qurban yang kuat dan sehat harus menjadi pilihan utama. Bisa dibayangkan kita sudah ikhlas dalam beribdah kurban tapi ternoda karena sang penerima kurban merasa kecewa karena tidak mendapatkan daging dengan kualitas yang baik dan pada ujungnya tidak dapat mengkonsumsi daging kurban yang kita berikan

InsyaAllah tips cara memilih hewan kurban dengan mengenali ciri-ciri atau tanda hewan tersebut sehat dapat bermanfaat untuk para kaum muslim/muslimin dalam melaksanakan ibadah kurban.

Tips Memilih Hewan Qurban Sapi atau Domba/Kambing

Cara pertama adalah Pilihlah Hewan Qurban yang cukup umur

Hewan Qurban yang termasuk cukup umur:

Sapi dan Kerbau berumur kurang lebih 22 bulan

Kambing dan Domba berkisar antara 12-18 bulan

Adapun metode yang dapat digunakan untuk mengetahui umur hewan kurban  antara lain adalah melihat catatan kelahiran ternak tersebut, yaitu dengan bertanya kepada pemiliknya, atau dapat dilihat dari gigi ternak tersebut. Jika gigi susunya telah tanggal yaitu dua gigi susu yang di depan,hal tersebut  itu menandakan hewan kurban tersebut (kambing dan domba) telah berumur sekitar 12-18 bulan, sedangkan apalbila hewan kurbannya sapi dan kerbau berkisar 22 bulan.

Cara kedua adalah Pilihlah Hewan Kurban yang Sehat

Ciri-ciri sehat Sapi Qurban adalah:

  1. Secara fisik memilih hewan kurban seperti sapi, kambing dan domba bisa melihat aktivitasnya. Bila pergerakannya aktif saat didekati itu berarti hewannya sehat. Gerak/temperamennya bebas, lincah, kuat, bersemangat, tidak pincang, tidak gelisah, dan selera makannya bagus.
  2. Rambut atau bulunya halus, mengkilap, tidak rontok, tidak mengalami kebotakan, tidak berdiri,tidak ada perubahan warna, tidak dihinggapi parasit kulit (caplak, tungau, kutu, dll.).
  3. Matanya bersinar dan jernih, terbuka penuh, pupil bereaksi cepat, tidak keluar air (eksudat), tidak berwarna merah (yang berarti juga tidak sedang terjadi perdarahan), dan selaput lendir kelopak mata bagian dalam berwarna merah terang.Bila ditemukan mata hewan ternak yang beleken dan keruh, itu berarti sedang sakit.
  4. Bentuk tubuhnya harus standar. Pengertian standar untuk sapi dan kerbau, tulang punggungnya relatif rata, tanduknya seimbang, keempat kakinya simetris, dan postur tubuhnya ideal. Postur tubuh ideal yang dimaksud, misalnya kombinasi perut, kaki depan dan belakang, kepala, dan leher seimbang.
  5. Selain itu, dapat pula dilihat pada bagian mulut. Apabila mulutnya basah sekali sehingga air liurnya banyak keluar, atau tampak di mulutnya terdapat bintil-bintil berwarna merah, tentu hewan tersebut harus diwaspadai, mungkin mengidap penyakit. Adapun ternak yang cacat adalah karena salah satu bagian dari tubuhnya hilang atau rusak, misalnya tanduknya patah sebelah, tulang kakinya patah. Sikap berdirinya tegak, kokoh, kuat, dan bertumpu pada keempat kaki.
  6. Hidung terlihat basah, bersih, dan tidak mengeluarkan cairan. Selaput lendir hidung berwarna merah terang.
  7. Mulut dan gusi bersih, tidak ngiler, tidak mengeluarkan eksudat, tidak menganga, dan tidak ada bercak-bercak perdangan.
  8. Celah kuku bersih, tidak ada luka, tidak ada peradangan, tidak ada pembengkakan.
  9. Kulitnya lentur/elastis, tidak ada penebalan, tidak ada bisul, tidak ada luka.
  10. Bagian pangkal hingga ujung ekor bersih, licin, kering. Bulu ekor lebat, bersih, dan kering.
  11. Bagian dubur/anus bersih, kering, dan tidak menunjukkan tanda-tanda diare (mencret).
  12. Jika saat musim hujan, maka waspadalah karena hewan rawan terkena diare dan cacingan.Biasanya pada hewan yang cacingan kulitnya terlihat kusam dan badannya kurus.
  13. Waspadalah terhadap hewan ternak yang kulitnya mengalami korengan. Itu berarti hewan tersebut mengalami penyakit kulit sceabie

Demikian Tips Cara Melihat Ciri – Ciri Hewan Qurban Sapi yang Baik , kurang lebihnya mohon maaf . #snf

Posting Komentar

  1. thnks infonya. Skalian izin tok share

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum WR.WB, terimakasih artikel qurbannya sangat lengkap, namun untuk temen-temen yang mau qurban tepat sasaran, maka globalqurban.com sangatlah layak dipertimbangkan selain itu harga hewan qurban di globalqurban sangatlah murah dan terjamin pendistribusiannya karena dibawah NGO yang telah terbukti transparansinya yaitu Aksi Cepat Tanggap Foundation Berbagi Qurban, Berbagi Kebahagiaan Berbagi Qurban

    BalasHapus
  3. Benar bos, hewan qurban harus benar-benar sehat selain harus sempurna tanpa cacat. karena hewan qurban pastinya yang akan dikonsumsi oleh saudara sendiri

    BalasHapus
  4. hati2 dengan hewan sekarang, untuk qurban selain harus sempurna tanpa cacat harus juga memperhatikan aspek kesehatan

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK