Selain berguna bagi orang lain yang membutuhkan, donor darah ternyata memiliki banyak manfaat untuk diri pendonor sendiri. Inilah beberapa di antara manfaat donor darah.

Manfaat praktis pertama dari melakukan donor darah adalah mengetahui secara pasti tipe golongan darah Anda, serta, secara tidak langsung, melakukan pemeriksaan kesehatan tubuh. Bagi pendonor reguler, di mana mereka mendonorkan darah dalam jangka waktu tiga bulan sekali, itu berarti pemeriksaan kesehatan menjadi rutin, yang dilakukan meliputi tekanan darah, nadi, suhu tubuh, tinggi dan berat badan, hemoglobin, penyakit dalam, hingga hepatitis dan HIV.

Selain hal-hal praktis di atas, manfaat donor darah masih sangat banyak. Beberapa di antaranya bahkan dapat menurunkan faktor risiko Anda terkena penyakit berat di kemudian hari. Simak ulasan berikut.

#1 Menurunkan kolesterol
Darah Anda mengandung dua macam kolesterol, yakni kolesterol baik dan kolesterol jahat. Dan ketika Anda melakukan donor darah, ini berarti Anda turut menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

#2 Mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke
Pendonor rutin dapat menurunkan risiko terhadap penyakit jantung dan stroke, karena salah satu manfaat donor darah adalah memungkinkan terjadinya pergantian sel darah baru. Hal tersebut juga berdampak pada badan yang terasa lebih sehat.

#3 Tekanan darah terkontrol
Volume darah Anda akan lebih seimbang ketika darah didonorkan. Hal ini bisa mencegah terjadinya darah tinggi, sekaligus mencegah penyakit jantung.

#4 Mempercepat proses penyembuhan luka
Tubuh Anda akan menyesuaikan diri terhadap berkurangnya sel darah merah ketika Anda melakukan donor darah. Penyesuaian tubuh seperti ini pula yang terjadi ketika tubuh Anda luka. Dampaknya, penyesuaian tersebut akan turut berpengaruh pada proses pemulihan luka yang Anda alami.

#5 Mengurangi risiko kanker
Darah seringkali mengandung terlalu banyak zat besi yang didapat dari berbagai konsumsi makanan. Dan hal tersebut bisa membahayakan, terutama bagi jantung, serta meningkatkan risiko kanker. Ketika perempuan secara alami melakukan penyeimbangan zat besi ketika menstruasi, para laki-laki bisa memanfaatkan ajang donor darah untuk melakukannya. Risiko kanker akan berkurang seiring dengan berkurangnya zat besi dalam darah, terutama risiko kanker hati, paru-paru, dan usus besar.

#6 Menolong orang lain
Tentu saja, manfaat donor darah yang tak kalah penting adalah untuk membantu orang yang membutuhkan, sebagai wujud kepedulian sosial.
#snf

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK