Serangan panik merupakan episode dari ketakutan yang sangat kuat dengan gejala fisik yang tidak menyenangkan, tanpa adanya ancaman dari luar. Nafas Anda tersengal-sengal atau bernafas cepat ( hiperventilasi ) da berkeringat, pening, mual, mati rasa, sakit dada, atau berdebar-debar. Serangan dapat berhubungan dengan kegelisahan, stres, depresi, phobia ( seperti takut naik pesawat terbang ), atau menggunakan stimulan atau obat, tpi dapat  juga tanpa alasan yang jelas. Meskipun serangan biasanya berlangsung cepat, ketakutan mengalaminya dapat mengganggu kehidupan.


Beberapa Tips yang dapat Anda lakukan untuk menenangkan diri dengan cepat dan membantu Anda mengatasi serangan berikutnya :

  • Jika Anda bernafas cepat, coba bernafas dengan menggunakan kantong.
  • Saat gejalanya memburuk, fokus terus pada sesuatu yang terjadi dekat Anda atau apa yang dikatakan orang lain, jangan fokus dengan perasaan Anda. Ingatkan diri Anda bahwa, meskipun gejalanya tak menyenangkan, mereka tak menyakiti Anda dan akan segera berlalu.
  • Coba hindari situasi dimana Anda kena serangan. Jika Anda mulai mengkonfrontasinya, simptom Anda akan mulai meghilang dan Anda akan kembali mendapatkan kepercayaan diri lagi.
  • Buat jadwal dengan dokter Anda untuk mengecek apakah simptom atau gejala Anda diakibatkan penyakit yang lebih serius seperti sakit jantung.

Teknik Praktis Bernafas di Kantong Kertas

Bernafas cepat selama serangan panik dapat menurunkan kadar karbondioksida dalam darah sehingga Anda mau pingsan. Bernafaslah didalam kantong kertas, yang ditekan longgar menutup mulut dan hidung Anda untuk mengembalikan kadar karbondioksida. Telungkupkan tangan Anda diatas mulut dan hidung Anda jika tak punya kantong kertas.Tarik nafas dan hembuskan ke kantong selama 10 kali, lalu bernafaslah normal selam 15 detik. Ulangi hingga nafas Anda menjadi lebih teratur.

Pencegahan serangan Panik

  • Gaya hidup dan teknik berikut dapat membantu mencegah atau setidaknya mengurangi serangan panik.
  • Terlalu banyak minum kafein dapat memicu serangan, jadi Anda harus mengurangi minuman berkafein. Hentikan alkohol dan rokok juga jangan minum obat-obat terlarang.
  • Makan dengan teratur agar kadar gula Anda tetap stabil
  • Olahraga teratur dapat memperbaiki kesehatan Anda secara keseluruhan.

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK