Banyak orang yang tidak mengetahui pola makan yang baik untuk kesehatan.Anggapan mengomsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna sudah cukup bagi kesehatan, perlu dipahami lebih lanjut.Selain faktor utama tersebut, pola makan sehat perlu juga diperhatikan agar makanan yang di komsumsi benar-benar merupakan makanan untuk hidup sehat.

Pola makan sehat akan meningkatkan umur harapan hidup dan kualitas hidup bagi orang yang mampu mengembangkan kebiasaan yang baik dan berfokus untuk hidup sehat.Berikut adalah beberapa tips sederhana tentang pola makan yang sehat dan mudah untuk dilakukan.

Memperlambat Cara Makan

Memperlambat suapan makanan secara dramatis dapat mengurangi jumlah makanan yang dikomsumsi.Ketika makanan berada dimulut untuk mengunyah antara 20 dan 25 kali sebelum menelannya.Makan terlalu cepat dan terburu-buru, selain kurang sopan apabila makan bersama, mendorong untuk makan banyak dan membuat lebih banyak kerja organ pencernaan untuk memproses makanan yang tidak benar dikunyah.

Makan Beberapa Kali dengan Porsi Kecil

Cara sederhana untuk membantu meningkatkan metabolisme dan mengatur gula darah adalah membiasakan makan beberapa kali dengan porsi kecil atau makan sering porsi kecil ( MSPK ).makan lebih sering berarti bahwa sistem pencernaan akan selalu bekerja mengolah makanan yang memiliki efek meningkatkan metabolisme dan akhirnya membakar lebih banyak kalori.

Dalam pengertian ini, lebih baik makan sedikit tapi sering daripada makan banyak tetapi untuk jangka waktu lama.Porsi kecil cenderung tidak membuat kita kekenyangan atau memperlebar perut sehingga perut bener-benar akan menyusut dan membuat tampak lebih baik ( langsing ).Mulailah pagi hari dengan sarapan yang sehatseperti oatmeal untuk mendapatkan sistem pencernaan membakar kalori.

Dapatkan Banyak Warna dalam Makanan Anda

Upayakan untuk menambah warna lebih dalam makan sehari-hari dengan buah dan sayuran.Buah berwarna dan sayuran kaya akan vitamin dan kaya nutrisi yang akan membantu kehidupan yang lebih sehat dan berkualitas.

Hindari Makanan Olahan dalam Kaleng dan Siap Saji

Memasak makanan seketika dari bahan yang segar sangan dianjurkan dan sangat baik untuk kesehatan kita.kandungan vitamin, protein dan lain-lain.Pada bahan mentah yang segar dapat terpenuhi.Berbeda dengan makanan yang dihangatkan atau makanan kaleng siap saji.Hindari makanan olahan dalam kaleng atau pembungkus lain yang biasanya terdapat banyak bahan pengawet.Ketika berbelanja cobalah untuk membeli sayuran dan daging segar, roti yang sehat untuk tubuh Anda.

Hindari Minum Berlebihan Saat Makan

Minum satu gelas atau lebih ketika sedang makan akan mempersulit kinerja pencernaan.Penelitian menunjukkan bahwa minum air ketika makan dapat mengencerkan konsentrasi asam lambung ( Hcl ) yang sangat dibutuhkan untuk mencerna makanan.Akibatnya hanya sedikit makanan yang bisa dicerna oleh tubuh.Hal ini, jika dibiarkan terus menerus bisa menimbulkan berbagai penyakit.Yang terbaik adalah minum air sebelum makan dan dua jam sesudahnya.hal ini dapat membantu dalam penyerapan nutrisi.

Program Diet Makan

Bicarakan dengan dokter atau ahli gizi tentang segala vitamin atau nutrisi bila Anda melaksanakan Diet.Mungkin bisa melengkapi rencana diet Anda dengan makanan alami untuk membantu menangkal penyakit dan untuk mengoptimalkan kesehatan Anda.

Pola makan sehat diatas telah diterapkan di berbagai negara maju yang lebih mengutamakan gizi dan makanan sehat daripada hanya sekedar pengisi perut.Kadang kita menemukan makanan lezat tapi belum tentu sehat atau sebaliknya.Makanan sehat dengan pola makan sehat tentunya akan memperoleh hasil maksimal dalam kehidupan, mulai kecerdasan, pikiran, daya tahan tubuh, semangat dan sebagainya. 
( Dirangkum dari Berbagai Sumber ).

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK