Palang Merah Indonesia (PMI) melaksanakan pelayanan Dukungan Psikososial (psychosocial support Program-PSP) di Desa Pantan Sile dan Desa Kute Panang, Kecamatan Kute Panang, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh, Senin (15/7). Pelayanan PSP bertujuan untuk mengurangi trauma pasca bencana Gempa Bumi yang terjadi awal bulan ini.


Kordinator Posko Penanggulangan Bencana (PB) PMI Provinsi Aceh, Fauzi Husaini, menegaskan, kami mencoba untuk mengembalikan semangat anak-anak di Aceh Tengah pasca gempa bumi dengan berbagai kegiatan dukungan psikososial agar mereka bisa dan ceria seperti sebelum gempa terjadi.


Anak-anak pengungsi bencana gempa bumi mengikuti seluruh kegiatan PSP di lokasi pengungsian dan Meunasah (Masjid). Kegiatan tersebut meliputi praktik wudhu, pembahasan dan praktik sholat wajib, hafalan surat-surat pendek (juz Ama), hafalan doa sehari-hari, menyanyi, diakhiri dengan kegiatan menggambar.


“Ibu-ibu yang mendampingi anaknya saat mengikuti kegiatan PSP juga kami berikan micro teaching (pelatihan singkat) tentang cara pembelajaran untuk mengembalikan semangat anak-anak.” Jelas Andi Syahreza, Fasilitator PSP PMI Provinsi Aceh.


Tim PSP PMI juga akan melaksanakan Dukungan Psikososial kepada remaja, dewasa dan orang tua. “kami juga akan memberikan pelayanan PSP kepada orang tua mereka termasuk relawan karena sasaran kami tidak hanya anak-anak yang terkena bencana gempa bumi” tambah Andi. Ia juga menjelaskan tujuan tim PSP memberikan Dukungan Psikososial kepada orang tua agar kegiatan sosial yang biasa dilaksanakan sebelum gempa terjadi bisa mereka laksanakan kembali seperti Pengajian, kegiatan PKK, dzikir bersama, sholat berjamaah di Meunasah, dan kelompok usaha bersama.


PMI Provinsi Aceh akan memberikan pelayanan PSP hingga kondisi kembali normal dan kegiatan sosial di wilayah Kabupaten Aceh Tengah kembali seperti sebelum terjadi bencana gempa bumi. “Tim PSP dari Provinsi berada di Takengon hingga Rabu (17/7), sedangkan kegiatan selanjutnya akan dilaksanakan oleh relawan dan tim PSP PMI Kabupaten Aceh Tengah.” Ungkap Fauzi Husaini. Hal tersebut merupakan upaya PMI Provinsi Aceh untuk menigkatkan kapasitas relawan PMI Kabupaten Aceh Tengah.


“Selama dua minggu ini tim PSP provinsi memberikan coaching (praktik langsung) kepada relawan PMI Aceh Tengah, kemudian mereka akan melakukan kegiatan sendiri hingga kondisi normal” Tambah Fauzi Husaini, Kordinator Posko PB PMI Provinsi Aceh. (Satria Loka)

Informasi lebih lanjut: Kepala Markas PMI Provinsi Aceh Rudianto 0812 6085 7853, Kordinator Posko PB / Kepala Divisi PB PMI Provinsi Aceh, HP: 0812 6975 499  Sekretaris PMI Kabupaten Aceh Tengah, Arianto HP. 085275066961 Hubungan Media: Anggun Permana Sidiq, HP: 0856 9777 7313 email:
pmi@pmi.or.id

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK