Belajar dari pengalaman tahun sebelumnya, PMI Cabang Surabaya, mulai rajin menjaring pendonor darah di bulan Ramadan ini. Meski belum menunjukkan penurunan stok darah, yang biasanya menurun hingga 40 persen, tapi berbagi kegiatan jemput bola untuk pendonor sudah dilakukan.

Salah satunya dengan memberikan hadiah sembako bagi pendonor yang memberikan darahnya melalui bus transfusi darah PMI yang ada di Taman Bungkul. Mulai 9 Juli 2013, mobil transfusi ini memberikan sembako berupa beras, minyak goreng, gula, dan mi instan bagi pendonor.

Humas PMI Cabang Surabaya, Agung Tri Jutanto, Senin (15/7/2013), menjelaskan, bila hadiah sembako ini merupakan bantuan dari kelompok Rotary Club Jembatan Merah.”Sumbangan sembako untuk pendonor dari mereka. Tidak hanya di bus transfusi yang ada di Taman Bungkul, tapi juga ada di Poliklinik Kesehatan yang ada di depan Taman Mundu, Tambaksari. Ditempat itu, pendonor juga mendapatkan hadiah sembako,” jelas Agung.

Dari catatan yang ada, sejak hari pertama puasa pada Rabu (10/7/2013) hingga Sabtu (13/7/2013), jumlah pendonor mulai mengalami peningkatan. Dari 53 di hari pertama, hingga Sabtu sudah mencapai 133 pendonor. Sementara paket sembako yang disiapkan sebagai hadiah per hari disediakan antara 100 hingga 200 paket.

Tentang stok darah di PMI Kota Surabaya sendiri, tercatat di bulan Puasa ini memang sudah mengalami penurunan. Namun tidak banyak. Agung menyebutkan, biasanya rata-rata per hari mencapai 350 – 400 kantong untuk stoknya. Kemudian memasuki bulan puasa, stok rata-rata per hari mencapai sekitar 340 kantong.

“Memang tidak sampai turun hingga 40 persen, seperti bulan puasa tahun-tahun sebelumnya. Tapi kita memang optimalkan mobil dan bis transfusi darah untuk jemput bola ke pendonor,” lanjut Agung.

Selain di Taman Bungkul, lima unit mobil transfusi lain, juga berkeliling ke masjid-masjid setiap malam usai terawih. Hal ini menjaring pendonor yang usai mengikuti terawih. Begitu juga saat hari Minggu, mobil unit transfusi ini keliling ke gereja-gereja, juga untuk jemput bola kejemaat gereja yang mengikuti ibadah hari minggu.

Tak hanyaitu, menurut Agung, pihaknyamulai depan juga menggandeng mal-mal. Mereka menempatkan tim untuk menjaring pendonor di mal. “Kami memang lakukan berbagai langkah, karena kebutuhan stok darah di PMI biasanya menjelang Lebaran, dan saat Lebaran hingga pasca Lebaran, meningkat,” jelas Agung.

Saat Lebaran dan pasca-Lebaran, umumnya terdapat mobilisasi masyarakat dan peningkatan angka kejadian kecelakaan, dimana akan sangat membutuhkan darah donor dalam jumlah yang tidak kecil.

berikut informasi mengenai acara donor darah tersebut:

Mulai 9 Juli s/d 3 agustus 2013
di taman bungkul surabaya
kegiatan donor Menggunakan Bis PMI
Mulai Jam 8.30. - 21.30. kecuali hari minggu libur
Bagi Pendonor yg lolos jika berkenan menerima bisa mendapatkan 1 Paket Sembako dan Kaos PMI. (Paket Sembako isi 1kg beras,1kg gula,I Ltr Minyak goreng, 1kl susu mlk,5 bks Mie goreng).

bersama bantu sesama... :)

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK