foto: ilustrasi gempa

Jember dan sekitarnya digoyang gempa, Senin (8/7/2013). Dari informasi yang dihimpun Surya Online, gempa terasa di seluruh wilayah Jember, Banyuwangi, Lumajang juga Bondowoso.

Berdasarkan data dari BMKG pusat gempa terjadi di 112 kilometer tenggara Kabupaten Malang berkedalaman 10 kilometer. Gempa berkekuatan 5,9 SR di 9.16 lintang selatan dan 113 bujur timur pukul 09.13 WIB.

"Saya sampai kaget, kok pintu bergoyang-goyang saya kira karena ada mobil lewat. Ternyata gempa," ujar Ridwan, warga Kelurahan Tegalbesar Kecamatan Kaliwates.

Gempa membuat sejumlah orang keluar rumah dan menunggu beberapa saat hingga kondisi dipastikan aman.


Gempa bumi berkekuatan 5,9 pada skala Richter yang berpusat di 112 kilometer tenggara Kota Malang, Jawa Timur, Senin pagi, juga dirasakan warga Kota Denpasar.

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa pusat gempa terjadi di kedalaman 10 kilometer. 

Getaran gempa membuat sejumlah warga dan pegawai kantor di Denpasar berhamburan keluar. 

Belum ada laporan mengenai kerusakan dan korban akibat gempa yang berlokasi di 9.16 lintang selatan dan 113 bujur timur itu. 

Gempa yang terjadi selama beberapa detik pada pukul 10.13 Wita tersebut tidak berpotensi tsunami.


Badan Nasional Penanggulangan Bencana melakukan pengecekan kemungkinan adanya korban dan kerusakan bangunan terkait terjadi gempa yang terjadi di Malang, Jawa Timur, pada Senin pukul 09.13 WIB.

"Sekalipun gempa tidak berpotensi tsunami,kita masih melakukan pengecekan untuk mengetahui sejauh mana dampak yang ditimbulkan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Senin (8/7/2013).

Menurut Sutopo Purwo Nugroho, terjadi gempa 5,9 SR pada Senin (8/7/2013) pukul 09:13:39 WIB, di koordinat 9.16 LS, 113.00 BT, kedalaman 10 Km. Pusat gempa berada di Samudera Hindia yaitu 112 km Tenggara Malang (Jatim), 114 km Barat Daya Lumajang (Jatim), 130 km Barat Daya Jember (Jatim) atau 202 km Tenggara Surabaya.

Posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak gempa ke beberapa daerah. Dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Malang dilaporkan gempa terasa sedang selama tiga hingga lima detik. 

Lampu di dalam gedung bergoyang, namun tidak ada kerusakan di Kota Malang, masyarakat sebagian keluar rumah.

Di Bondowoso, gempa terasa cukup kuat selama lima detik. Masyarakat yang di gedung RS Bondowoso segera keluar gedung dan dilaporkan sementara tidak ada kerusakan

Sementara di Jember gempa dirasakan cukup kuat selama lima detik, masyarakat sebagian keluar rumah dan tidak ada kerusakan.

Berdasarkan peta guncangan gempa menunjukkan intensitas III MMI (lemah) di selatan wilayah Jawa Timur. Sumber gempa berada di bagian dalam zona subduksi atau pertemuan lempeng tektonik antara lempeng Hindia Australia dan Eurasia.

edited by: SNF

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan tinggalkanlah jejak..
Jangan spamming ya. (o)
Terima Kasih..
Share ilmu ini untuk "bersama bantu sesama"... :)
Lihat Artikel Kami yang Lain --> KLIK